Pengaruh Minat Belajar Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika

Authors

  • Desi Gita Andriani Universitas Wahidiyah
  • Fajar Lestari Universitas Wahidiyah

DOI:

https://doi.org/10.31597/ja.v8i1.735

Keywords:

minat belajar, pembelajaran, daring, pemahaman mahasiswa

Abstract

Sebagai upanya menekan penyebaran virus covid 19, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan pembelajaran dan perkuliahan tatap muka diliburkan dan digantikan secara daring. Banyak kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring seperti perhatian dan konsentrasi mahasiswa yang kurang, sulitnya interaksi antara dosen dan mahasiswa, maupun kesediaan dan kecepatan jaringan internet.  Kendala tersebut berakibat, mahasiswa kesulitan memahami materi, sehingga diperlukan minat belajar yang kuat untuk mengatasi hal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menegatahui pengaruh yang signifikan antara minat belajar dalam pembelajran daring terhadap pemahaman mahasiswa pada mata kuliah statistika. Jenis penelitian ini adalah pebelitian kuantitaif. Posulasi penelitian ini seluruh mahasiswa Universitas Wahidiyah dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar dalam pembelajran daring terhadap pemahaman mahasiswa pada mata kuliah statistika. minat belajar dalam pembelajran daring dapat menjelaskan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah statistika sebesar 51,9% dan sisanya yaitu 48,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Andriani, D. G., & Lestari, F. (2022). Pengaruh Minat Belajar Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 44–50. https://doi.org/10.31597/ja.v8i1.735