Design Of Worksheet Student Using Problem Based Learning Model Based On The Character Of Critical Thinking
DOI:
https://doi.org/10.31597/ja.v8i1.700Keywords:
Desain LKS; Problem Based Learning, Karakter kritis.Abstract
Penelitian ini bertujuan guna menghasilkan desain lembar kerja siswa (LKS) dengan menggunakan model Problem Based Learning berbasis karakter berpikir kritis siswa yang layak digunakan menurut validator ahli media, ahli materi dan guru matematika SMA, serta siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Namun pada penelitian ini hanya terbatas pada tiga tahapan yakni pada tahap Analysis, Design dan Development. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket validasi untuk ahli, dan angket respon guru serta siswa. Subjek pada penelitian ini adalah ahli materi sebanyak1 orang, ahli media sebanyak 1 orang, guru matematika SMA sebanyak 20 orang, serta siswa kelas X SMA tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 28 orang. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa desain LKS yang dikembangkan sudah layak menutur para validator ahli dan respun guru serta siswa.