PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN SCREENCAST O-MATIC

Authors

  • Enny Listiawati STKIP PGRI Bangkalan

Abstract

Kualitas siswa sangat didukung oleh kompetensi guru dalam mengajar baik itu pemahaman materi ajar, metode pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, dan penerapan iptek dalam pembelajaran. Hasil analisis situasi menunjukkan bahwa guru-guru yang mengajar di Sekolah Dasar di Kecamatan Tanah Merah dalam mengajar belum menggunakan media pembelajaran interaktif. Sehubungan dengan hal tersebut, program  ini bertujuaan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru pengajar di Sekolah Dasar yang tergabung dalam KKG Guslah 5 Kecamatan tanah Merah di Kabupaten Bangkalan tentang penggunaan dan pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan software Screecast O-Matic dalam kegiatan pembelajaran. Target capaian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa (1) peningkatan keterampilan guru dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan Software Screencast O-Matic (2) peningkatan pemahaman guru dalam penggunaan media pembelajaran menggunakan Software Screencast O-Matic.

Desain pelaksanaan PKM ini dibagi menjadi tahapan analisis situasi dan observasi pendahuluan, pelatihan media pembelajaran dengan menggunakan menggunakan Software Screencast O-Matic, pembimbingan dan pendampingan, penentuan ketercapaian indikator kegiatan, dan permasalahan yang timbul. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya peningkatan kompetensi guru dalam pembuatan media interaktif dengan menggunakan software Screencast O-Matic yang ditandai dengan guru-guru peserta workshop berhasil membuat media pembelajaran.

 

Kata Kunci : Media Interaktif, Screencast O-Matic

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Listiawati, E. (2018). PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN SCREENCAST O-MATIC. JA (Jurnal Abdiku) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 77–80. Retrieved from https://www.publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/JA/article/view/345

Issue

Section

Table of Contents