PENGEMBANGAN E-LKPD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENGINTEGRASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RASA PERCAYA DIRI
DOI:
https://doi.org/10.31597/ja.v8i2.820Keywords:
Berpikir Kritis, Computational Thinking, E-LKPD, Rasa Percaya Diri.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan E-LKPD dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan computational thinking dengan mengintegrasi kemampuan berpikir kritis dan rasa percaya diri peserta didik dan kelayakan E-LKPD yang dilihat dari segi kevalidan dan kepraktisan. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE. Instrument yang diberikan berupa angket yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. E-LKPD menggunakan empat tahapan pendekatan computational thinking, yaitu dekomposisi, perancangan pola, abstraksi, dan penulisan algoritma dan lima indikator berpikir kritis, yaitu klarifikasi dasar, memberikan alasan untuk suatu keputusan, menyimpulkan, klarifikasi lebih lanjut, dan dugaan keterpaduan. E-LKPD akan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media untuk mengetahui valid tidaknya media tersebut. Kemudian, untuk mengetahui E-LKPD praktis atau tidak dengan memberikan angket respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah E-LKPD dikatakan valid dan praktis digunakan dalam mengintegrasi kemampuan berpikir kritis dan rasa percaya diri peserta didik.