IMPROVING THE STRENGTHENING OF THE SEGIEMPAT CONCEPT IN CLASS VII STUDENTS THROUGH GEOGEBRA-BASED ASSESSMENTS
DOI:
https://doi.org/10.31597/ja.v6i2.228Abstract
Hasil Penelitiann Tindakan Kelas (PTK) di sekolah SMP Bina Putra Indonesia diketahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep segiempat sehingga siswa mengalami kesalahan saat mengerjakan soal matematika. Oleh karenanya perlu dilakukan suatu pembelajaran inovatif yang bisa meningkatkan pemahaman konsep dalam mempelajari matematika khususnya materi segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan pada 17 siswa pilihan di SMP Bina Putera Indonesia. Data dikumpulkan dengan metode tes segiempat. Tes yang telah dinyatakan valid dan reliabel digunakan untuk menentukan subjek penelitian dimana siswa yang memperoleh nilai kurang dari KKM ditetapkan sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persoalan segiempat, hal tersebut disebabkan kurang memahami yang ditanyakan dalam soal, kesulitan siswa dalam materi bangun datar segiempat yaitu : (1) dalam menentukan sifat-sifat persegi dan persegi panjang yang dikategorikan ke dalam kelompok sisi, sudut dan diagonal (2) mengaplikasikan sifat-sifat persegi, dan layang-layang. Kesulitan pada tes awal dan kesulitan setelah siswa mendapatkan pembelajaran inovatif ternyata mengalami penurunan yang cukup signifikan, oleh karenanya pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantuan GeoGebra meningkatkan pemahaman konsep segiempat pada siswa SMP Bina Putra Indonesia.