Penguatan Numerasi Melalui Inovasi Media Math Board Dengan Pendekatan PMRI Dalam Program Kampus Mengajar 8 Di SDN Cabean 3
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan memahami konsep operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah menggunakan media papan hitung “Math Board”. Materi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu operasi perkalian dan pembagian pada peserta didik SD kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Cabean 3 dengan jumlah peserta didik sebanyak 14 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Math Board dalam pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagian peserta didik SDN Cabean 3 memberikan dampak positif, diantaranya: peningkatan pemahaman peserta didik dalam memecahkan konsep perkalian dan pembagian, kerja sama tim serta kemampuan menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: Perkalian, Pembagian, RME
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adhelia Putri Febrianti, Sarah Nabela, Malichatuz Zahro Assaidah, Eka Zuliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.