Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pupica
DOI:
https://doi.org/10.31597/ja.v11i1.1117Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas II dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media Pupica. Pecahan adalah bilangan yang memiliki pembilang dan penyebut. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di kelas II SD 3 Karangmalang, Gebog Kudus . Subjeknya terdiri dari 16 siswa, diantaranya 10 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian berlangsung selama 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan memiliki 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan media Pupica dapat meningkatkan kemampuan pemecahan matematis siswa kelas II SD 3 Karangmalang. Hal ini terlihat dari jumlah siswa tuntas 11 pada siklus 1 dengan presentase 73 % dengan kreteria baik dan jumlah siswa tuntas 13 pada siklus 2 dengan presentase 81% dengan kreteria sangat baik. Model problem based learning berbantuan media Pupica ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan terpenuhinya indikator keberhasilan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 rahayu shabrina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.