Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 6 Pekanbaru
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, CTL, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dari sebelum dan sesudah dilaksanakan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) peserta didik kelas VIII5 SMPN 6 Pekanbaru yang berjumlah 32 peserta didik dengan kemampuan heterogen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan dan tes. Lembar pengamatan akan dianalisis secara deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang aktivitas peserta didik dan guru selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan tes hasil belajar akan dianalisis dengan analisis rata-rata (Mean), Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII5 SMPN 6 Pekanbaru. Hal ini dapat terlihat dari rata-rata skor dasar yakni 75,93% pada ulangan harian 1 menjadi 80% kemudian meningkat pada ulangan harian 2 menjadi 80,15% dan akhirnya pada ulangan harian 3 meningkat lagi menjadi 85,15%. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VIII5 SMPN 6 Pekanbaru
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sahrul, Rini Hardiyanti Ali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.