Implementasi Discovery Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik terhadap Soal HOTS pada Materi Deret Aritmatika

Authors

  • A Misnawati SMA Negeri 07 Bombana
  • Firda Alfiana Patricia Universitas Insan Budi Utomo
  • Dian Novie Alfianti SMA Negeri 2 Batu

Keywords:

Deret Aritmatika, Discovery Learning, High Order Thinking Skills

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang tepat dan efektif menjadi kunci utama dalam memastikan pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran, terutama dalam menghadapi tantangan soal High Order Thinking Skills (HOTS). Salah satu model pembelajaran yang menarik untuk diimplementasikan adalah model Discovery Learning. Model ini menekankan pada proses penemuan konsep oleh peserta didik melalui eksplorasi aktif, yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka secara menyeluruh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas 9 SMA Negeri 07 Bombana Sulawesi Tenggara yang terdiri dari 20 siswa (7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan). Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas 9 SMA Negeri 07 Bombana Sulawesi Tenggara dalam materi Deret Aritmatika pada siklus I hasilnya berada pada kategori cukup dengan hasil presentase 70%. Sedangkan ada siklus II persentase hasil belajar siswa mencapai 85% yang berada pada kategori baik. Hasil belajar dari siklus I dan siklus II terdapat kenaikan sebesar 15%.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Misnawati, A., Patricia, F. A., & Alfianti, D. N. . (2024). Implementasi Discovery Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik terhadap Soal HOTS pada Materi Deret Aritmatika. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 125–130. Retrieved from https://www.publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/1068