Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian Kelas II SD Pandeanlamper 01 Kota Semarang Melalui Media Multiplication Stick Box

Authors

  • Firda Nur Amalia Putri UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Feny Roshayanti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kata kunci: Hasil Belajar, Media Multiplication Stick Box

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Kelas II SD Pandeanlamper 01 Kota Semarang melalui Media Multiplication Stick Box. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Pandeanlamper 01. Objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran matematika materi perkalian dengan menerapkan media Multiplication Stick Box. Instrumen-instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif (presentase). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan menerapkan media Multiplication Stick. Langkah-langkah pembelajaran yang dilaksanakan yaitu; (1) orientasi masalah; (2) mengorganisasikan peserta didik untuk belajar; (3) membimbing penyelidikan; (4) mengembangkan dan menghasilkan karya; dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar perkalian siswa kelas II SDN Pandeanlamper 01 meningkat setelah digunakannya media Multiplication Stick Box dalam pembelajaran Matematika dengan materi perkalian puluhan. Peningkatan ini terbukti pada peningkatan hasil belajar matematika siswa dari skor rerata pratindakan sebesar 68 menjadi 77 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 82 pada siklus 2 hingga pada siklus 3 mencapai 83. Siswa yang mencapai kriteria keberhasilan mengalami peningkatan dari 53,85% pada pratindakan menjadi 65,39% pada siklus I dan meningkat menjadi 76,92% pada siklus 2 hingga pada siklus 3 mencapai 88,46%. Hasil observasi juga menunjukkan peningkatan hasil belajar perkalian siswa dari siklus 1 sampai siklus 3 yaitu sebanyak 30% siswa kegiatannya meningkat antara lain: siswa aktif dalam pembelajaran, siswa lebih leluasa dalam mencari dan mengumpulkan informasi yang diinginkan, dan siswa juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar bersama.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Nur Amalia Putri, F., & Roshayanti, F. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian Kelas II SD Pandeanlamper 01 Kota Semarang Melalui Media Multiplication Stick Box. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 110–124. Retrieved from https://www.publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/1065